Seleksi Jambur Erlajar Tahun Ajaran 2020 AronJE

Keluarga Besar Karo ITB & Jambur Erlajar KBK-ITB

Halo adik-adik Siswa SMA kelas XII IPA,
Perkumpulan Keluarga Besar Karo Institut Teknologi Bandung (KBK-ITB) merupakan organisasi sosial yang bertujuan sebagai wadah bagi semua insan Karo ITB untuk memberikan sumbangsih dalam komunitas kemasyarakatan. Organisasi ini dibentuk pada 22 November 2014 dengan diketuai oleh Bapak Ir. Arya Mahendra Sinulingga. Visi KBK-ITB adalah "Menjadi Fasilitator Pemberdayaan Bagi Kemajuan Tanah Karo". Dengan visi ini, KBK-ITB memiliki harapan untuk dapat berpartisipasi aktif dalam membagun Tanah Karo.

Salah satu program KBK-ITB dalam bidang pengembangan sumber daya manusia adalah dengan membuat satu bimbingan belajar gratis untuk siswa-siswi SMA di Tanah Karo. Bimbingan belajar ini diberi nama Jambur Erlajar KBK-ITB dan bertujuan untuk mempersiapkan siswa-siswi untuk menghadapi ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri, terkhusus ke Institut Teknologi Bandung dan perguruan-perguruan tinggi negeri ternama lainnya. Program bimbingan belajar ini telah dimulai pada Januari 2015 yang lalu dan sampai saat ini telah selesai membimbing siswa Jambur Erlajar angkatan I s/d angkatan V dengan total lebih dari 700 siswa dari SMU di Tanah Karo

Peresmian Jambur Erlajar KBK-ITB dilakukan pada 14 Februari 2015. Jambur Erlajar KBK-ITB diresmikan bersama oleh Ketua KBK-ITB, Ir. Arya M Sinulingga bersama-sama dengan Bupati Karo, Bapak Terkelin Berahmana, SH. Acara peresmian jambur Erlajar dihadiri oleh para alumni ITB Karo sebagai anggota KBK-ITB, Bupati Karo, bersama Muspida, Kepala- Kepala Sekolah & perwakilan sekolah SMU, siswa/i bimbingan Jambur Erlajar, orang tua siswa, Tokoh masyarakat dan beberapa undangan lainnya. Acara peresmian diisi dengan kata sambutan dari Ketua KBK-ITB, Bupati Karo, Wakil ketua DPRD Sumut, wakil siswa, orang tua, sekolah dan alumni ITB diselingi dengan hiburan dan makan bersama.

Jambur Erlajar KBK-ITB 2020

Sesuai dengan situasi saat ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih tampak belum mereda, sejak bulan Maret tahun 2020 sesuai dengan surat dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dan himbauan dari Pemda Kab. Karo maka seluruh siswa sekolah di Tanah Karo melaksanakan kegiatan belajar-mengajar dirumah (BDR: Belajar dari Rumah), secara daring atau bentuk tanpa tatap muka lainnya. Kegiatan belajar siswa di beberapa sekolah dilakukan melalui aplikasi Whatsapp, Google Classroom, Zoom dan sejenisnya.

Jambur Erlajar KBK-ITB, sebagai bimbingan belajar untuk siswa kelas XI dan XII juga telah mempersiapkan rencana kegiatan bimbingan belajar untuk tahun ajaran 2020/2021. Dari tahun pertama hingga tahun ke 5, bimbingan belajar dilakukan dengan metode belajar-mengajar tatap muka di ruangan kelas. Proses bimbingan reguler meliputi penyampaian materi oleh guru, latihan soal dan pengerjaan soal quis. Tryout dilakukan dalam jangka 1-2 bulan sekali untuk melihat perkembangan belajar siswa. Menjelang akhir tahun ajaran sekolah, Jambur Erlajar juga mengadakan bimbingan belajar Intensive, untuk lebih memantapkan persiapan siswa dalam menghadapi ujian seleksi perguruan tinggi negeri. Di sela-sela kegiatan belajar tersebut, nilai tambah Jambur Erlajar dibandingkan bimbingan belajar lain adalah dengan diadakannya sesi-sesi motivasi dari para alumni ITB yang tergabung dalam KBK-ITB. Para alumni ini umumnya membagikan pengalaman tentang kuliah, dunia kerja dan motivasi pribadi untuk mencapai kesuksesan. Tidak dipungkiri para siswa menganggap kegiatan ini adalah hal yang paling berkesan selama belajar di Jambur Erlajar. Maka dari itu, Jambur Erlajar tetap berkomitmen memaksimalkan sesi motivasi ini dalam kegiatan bimbingan belajar kedepannya.

Melihat dan mempertimbangkan situasi saat ini, untuk tahun ajaran 2020 Jambur Erlajar akan melakukan kegiatan bimbingan belajar secara daring/online. Seluruh proses yang termasuk didalamnya proses persiapan, seleksi dan kegiatan belajar akan dilakukan secara daring dengan menggunakan Aplikasi Belajar Online Moodle.

Untuk itu, setiap siswa calon siswa Jambur Erlajar yang akan mengikuti kegiatan ini diharapkan mengikuti petunjuk pendaftaran dan proses lain dengan seksama. Jika ada pertanyaan, dapat menghubungi Jambur Erlajar sesuai dengan informasi dan brosur yang telah dibagikan.